Kegiatan pemasaran online, atau yang biasa disebut sebagai pemasaran online pada dasarnya adalah semua aktivitas pemasaran yang dilakukan atau dikerjakan pada platform digital. Digital marketing menjadi salah satu poin penting yang harus dimiliki sebuah bisnis yang bergerak di zaman modern seperti sekarang ini.

Setelah mengetahui apa itu digital marketing, sekarang waktunya berkenalan dengan channel digital marketing. Channel yang dapat digunakan untuk digital marketing, bervariasi tergantung dari apa yang Anda butuhkan dan hasil apa yang Anda inginkan. Nah, sekarang, mari kita lihat 5 channel digital marketing, apa saja channel tersebut?

  1. Social Media Marketing
    Social media marketing adalah salah satu channel digital marketing yang digunakan dengan tujuan untuk meningkatkan brand awareness atau kesadaran terhadap merek dan produk yang Anda pasarkan. Selain meningkatkan brand awareness, social media marketing juga dapat dijadikan channel untuk Anda meningkat traffic atau lalu lintas di website produk Anda.

    Menggunakan channel digital marketing melalui social media, biasanya dilakukan dengan cara menyebarkan konten yang berisikan penjelasan produk, unique selling point dari produk Anda, dan juga berbagai jenis konten hiburan dan informasi lainnya. Ingat, konten yang dibuat harus unik agar proses digital marketing di channel social media yang Anda jalankan mendapatkan hasil yang maksimal.
    Melihat dari luasnya jangkauan social media zaman sekarang, dampak brand awareness yang dihasilkan dari penyebaran konten di channel social media sangat besar jika penyebaran konten dilakukan dengan benar dan tepat. Channel digital marketing menggunakan social media memang beragam, tapi Anda harus menyesuaikan penggunaan social media berdasarkan kebutuhan Anda dan jenis konten yang ingin Anda sebarkan. Riset dan analisa, adalah cara yang cocok untuk mengetahui channel social media mana yang tepat untuk produk Anda.
  2. Email Marketing
    Email marketing adalah salah satu channel digital marketing yang efektif untuk menjangkau banyak audience dengan anggaran yang minim. Meskipun seringkali disebut bahwa email marketing sudah ketinggalan zaman, faktanya, keberhasilan promosi dan penjualan produk di beberapa bidang bisnis 40% lebih tinggi dibandingkan dengan channel social media. Artinya, email marketing masih relevan hingga saat ini, meskipun sudah dijalankan cukup lama.
    Email marketing sendiri adalah cara untuk melakukan aktivitas digital marketing yang mengandalkan email sebagai sarana untuk menawarkan produk atau jasa yang dimiliki oleh bisnis Anda kepada konsumen. Memberikan konten yang menarik pada email, seperti kupon diskon yang hanya bisa diklaim melalui email, atau newsletter yang menarik menjadi beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk menjamin kegiatan bisnis secara digital melalui channel digital marketing email agar berjalan dengan baik.
  3. Search Engine Optimization (SEO)
    Pada zaman yang sudah modern saat ini, hampir semua bidang bisnis memiliki website sendiri sebagai sarana untuk memasarkan dan menjual produk atau jasa. Tapi, memiliki website yang sudah dirancang dengan baik belum tentu dapat menjamin website tersebut memiliki jumlah kunjungan yang baik. Search engine optimization (SEO) atau optimasi mesin pencari adalah channel digital marketing yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan jumlah kunjungan konsumen ke website yang Anda miliki.

    Karena mesin pencari seperti Google dan Bing adalah gerbang pembuka berisikan jutaan informasi dan produk untuk para konsumen mencari sesuatu yang mereka inginkan, maka SEO bertujuan untuk menjadikan website Anda mendapatkan posisi teratas pada mesin pencari ketika konsumen mencari barang atau jasa yang sesuai dengan yang Anda tawarkan pada website Anda. Karena dengan berada di posisi teratas, website Anda memiliki peluang yang tinggi untuk dikunjungi oleh konsumen dibandingkan dengan website lain yang tidak menggunakan channel digital marketing SEO.
    Untuk mendapatkan hasill yang optimal pada channel digital marketing SEO, Anda harus menjalankan serangkaian taktik dan aturan-aturan yang dimiliki masing-masing mesin pencari. Selain itu, Anda juga perlu untuk memasukan keyword atau serangkaian kata kunci tertentu pada website Anda tergantung dari mesin pencari yang Anda gunakan untuk SEO.
  4. Affiliate Marketing
    Jika Anda pernah melihat di suatu konten social media, ada seorang selebriti atau influencer yang sedang memasarkan satu produk lewat kontennya dan mereka memberikan arahan untuk mengunjungi social media atau website milik brand tersebut, selamat! Anda baru saja mengetahui salah satu channel digital marketing yaitu Affiliate Marketing. Pada dasarnya, Affiliate Marketing adalah channel marketing dimana satu brand melakukan aktivitas marketing melalui jasa afiliasi profesional. Jika Anda masih bingung, Anda pasti tahu kan istilah Endorsement atau Paid Promote? Itulah affiliate marketing, dan para selebgram adalah pihak yang menawarkan jasa afiliasi profesional.

    Affiliate Marketing menjadi salah satu channel digital marketing yang penting karena manfaat yang dimilikinya. Beberapa diantaranya, affiliate marketing dapat memberikan penjualan yang stabil untuk brand yang diafiliasikan, affiliate marketing juga memberikan opsi kegiatan marketing dengan resiko kegagalan yang rendah, terutama untuk para owner bisnis baru, karena mereka tidak perlu lagi melakukan riset audience di social media, mereka hanya perlu mengandalkan para followers dari pihak afiliasi. Selain itu, affiliate marketing juga dapat membantu para owner bisnis untuk mengurangi biaya marketing, karena beberapa affiliate menawarkan jasa mereka dengan harga yang terjangkau, beberapa diantaranya juga hanya perlu diberikan produk atau sampel nya saja.
  5. Content Marketing
    Content marketing adalah channel digital marketing yang merupakan sebuah strategi untuk suatu brand menyebarkan konten yang berharga, relevan dan juga konsisten untuk menarik perhatian dari target audience mereka. Content marketing juga tidak hanya dilakukan untuk menarik perhatian target audience, content marketing juga dapat dijadikan sarana untuk membangun relasi dan memperkuat komunitas brand dengan audiencenya.

    Konten yang disebarkan dapat berupa berbagai macam hal, baik itu gambar seperti poster di feeds Instagram, video seperti yang biasa Anda lihat di reels Instagram atau TikTok, dan suara seperti Podcast. Semua konten tersebut bervariasi, tergantung dari platform apa yang Anda gunakan untuk menyebarkan konten dan seperti apa target audience Anda. Jika Anda lihat lagi, content marketing adalah strategi yang dapat Anda jalankan di berbagai channel digital marketing yang sudah dijelaskan di atas, baik itu social media marketing, hingga ke affiliate marketing, semuanya menggunakan konten sebagai media penyebaran produk dan informasi kepada audience. Masih ada lebih banyak lagi channel digital marketing yang dapat Anda pelajari selain yang sudah dijelaskan di atas, namun 5 channel digital marketing tersebut adalah channel yang cocok untuk digunakan pada bisnis start-up.
    Bagaimana? Sekarang sudah tahu kan dasar-dasar dari channel digital marketing? Kalau sudah tahu, waktunya buat Anda mendalami dan mengetahui channel digital marketing mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Jika Anda ingin menggunakan channel digital marketing dengan maksimal, klik disini untuk konsultasi lebih lanjut terkait digital marketing di bisnis Anda tanpa perlu pusing lagi bersama Peter&Co. Digital Marketing Agency! Semoga informasi di atas bisa membantu dan Happy Marketing!