Setiap bulannya, produk fashion menjadi produk fast moving yang sering kali mengalami perubahan tren. Sehingga pasarnya akan terus dinamis mengikuti perubahan mulai dari tren model terbaru, tren warna yang dimintai, hingga jenis-jenis fashion yang sedang diminati seperti baju, celana, tas, dan lainnya. Dilihat dari industri bisnis, produk fashion memang sangat menguntungkan karena fashion juga menjadi kebutuhan primer yang harus dipenuhi oleh setiap orang. Tetapi, jika Anda berbisnis produk fashion, sudah saatnya tidak hanya mengandalkan cara offline saja. Anda perlu tahu cara mempromosikan produk fashion secara online dengan menggunakan digital marketing. Salah satu contoh nyata cara mempromosikan produk fashion online yang sudah dilakukan adalah dengan adanya toko online berupa marketplace seperti Zalora yang kini kian diminati karena sangat mudah diakses dan menyediakan berbagai promo yang menggiurkan. Hal tersebut dilakukan dengan menggunakan berbagai strategi digital marketing agar brand fashion tetap eksis di benak audience melalui pemasaran secara digital.

Jika Anda memiliki bisnis fashion dan ingin mulai mempromosikan produk secara online, ada 6 cara mempromosikan produk fashion dengan digital marketing yang patut Anda lakukan. Berikut ini adalah penjelasannya.

  1. Gunakan Social Media Marketing
    Cara mempromosikan produk fashion yang pertama adalah menggunakan social media marketing, yaitu bentuk pemasaran yang dilakukan dengan memanfaatkan penggunaan media sosial dan website untuk mempromosikan produk baik secara gratis maupun berbayar. Kenapa Anda harus menggunakan social media marketing? Hal ini melihat bahwa sebagian besar audience sudah eksis di dunia digital dengan menggunakan media sosial. Dengan begitu, Anda perlu eksis juga di media sosial agar bisa menjangkau audience Anda di berbagai platform media sosial. Ada beberapa media sosial yang bisa digunakan sebagai cara mempromosikan produk fashion saat ini yaitu Instagram, Facebook, Twitter, Youtube hingga TikTok yang bisa Anda pilih sesuai dengan target audience Anda. Jika Anda memiliki target audience yang relatif di usia yang lebih muda, maka Anda bisa memilih Instagram, Twitter atau TikTok. Sedangkan jika Anda memiliki target audience untuk usia yang relatif lebih tua, maka Anda bisa lebih fokus untuk menggunakan Facebook sebagai cara mempromosikan produk Anda.

    Ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan jika menggunakan social media marketing sebagai cara mempromosikan produk fashion Anda, yaitu Anda perlu melakukan riset kondisi bisnis fashion Anda selama ini serta kompetitor Anda, sehingga selanjutnya Anda bisa menentukan tujuan Anda dalam mempromosikan produk secara digital. Setelah itu, Anda bisa mulai menyusun strategi social media marketing yang diperlukan seperti membuat konten yang relevan dan menarik hingga memanfaatkan ads agar bisnis Anda bisa sampai kepada target audience Anda. Jangan lupa, setelah melakukan social media marketing sebagai cara mempromosikan produk fashion Anda, lakukanlah evaluasi secara rutin agar Anda bisa menilai perkembangan promosi produk Anda sejauh ini.
     
  2. Mulai Gunakan Marketplace
    Melihat perkembangan berbisnis secara digital saat ini, banyak konsumen yang lebih menikmati dan memilih untuk berbelanja online dibandingkan berbelanja ke offline store. Hal ini dikarenakan konsumen menyukai transaksi yang memudahkan mereka untuk memenuhi kebutuhannya. Penggunaan marketplace ini tidak hanya memberikan kemudahan bagi konsumen, tetapi juga Anda sebagai pelaku bisnis. Oleh karena itu, penggunaan marketplace bisa menjadi cara mempromosikan produk fashion Anda dengan mudah. Anda cukup mendaftarkan bisnis Anda ke marketplace yang tersedia seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Zilingo, hingga Zalora.

    Ada beberapa tips cara mempromosikan produk fashion dengan menggunakan marketplace, yaitu Anda harus mengenali jenis fashion yang Anda jual atau tawarkan sehingga Anda bisa membuatnya lebih menarik dan berbeda dibandingkan brand fashion lain, menggunakan foto produk asli, dan membuat keterangan produk sedetail mungkin mulai dari ukuran, warna, model, bahan, hingga harga.
     
  3. Buat Email Marketing
    Selanjutnya, cara mempromosikan produk fashion Anda bisa dilakukan dengan membuat email marketing. Email marketing ini bisa menjadi strategi promosi produk fashion yang efektif untuk terhubung dengan audience lebih personal baik untuk menarik calon konsumen agar menjadi pelanggan setia atau untuk menambah loyalitas  konsumen lama Anda. Cara mempromosikan produk fashion Anda melalui email marketing ini tidak memerlukan biaya yang sangat besar, bahkan ada yang tidak berbayar sama sekali. Sehingga penggunaan email marketing ini dinilai efektif karena bisa  menjangkau banyak calon konsumen.

    Beberapa tips cara mempromosikan produk fashion Anda dengan menggunakan email marketing, yaitu Anda perlu memilih tools atau platform yang tepat untuk menyebarkan email marketing seperti Mailchimp, BenchMark, dan VerticalResponse; memiliki email list penerima email marketing Anda; melakukan segmentasi konsumen; buat konten email marketing yang menarik konsumen seperti tawaran eksklusif, diskon, promo musiman, dan lainnya; selalu menjalin komunikasi yang baik dengan konsumen dengan memberikan informasi terbaru hingga ucapan ulang tahun dengan penawaran spesial; dan melakukan evaluasi email marketing yang telah dijalankan.
     
  4. Buat Website
    Cara mempromosikan produk fashion Anda selanjutnya adalah dengan menggunakan website. Website menjadi media promosi lainnya yang bisa menambah kredibilitas dan juga kemudahan bagi konsumen Anda untuk membeli produk fashion Anda. Meskipun Anda sudah berjualan di marketplace yang juga sama-sama memudahkan konsumen untuk membeli produk fashion Anda, tetapi ada saja kekurangannya yaitu Anda akan mengalami persaingan harga secara langsung dengan brand fashion lainnya dan membuat brand awareness produk fashion Anda jadi lebih kecil. Sehingga website ini bisa menjadi cara mempromosikan produk fashion yang bisa membantu bisnis Anda.

    Dengan membuat website sebagai cara mempromosikan produk fashion, Anda bisa membuat tampilan website yang mudah dicerna dengan tampilan yang tersedia versi desktop dan mobile, konten website yang menarik dan sedetail mungkin, serta website yang tidak berat diakses.
     
  5. Tampilkan Foto Produk Asli
    Salah satu cara mempromosikan produk fashion yang sukses membuat konsumen tertarik adalah dengan menggunakan foto produk asli. Dengan menampilkan foto produk asli, calon konsumen Anda menjadi lebih percaya dengan produk fashion yang Anda tawarkan. Apalagi jika Anda menambahkan foto produk yang digunakan oleh model, calon konsumen bisa membayangkan produk Anda jika mereka gunakan. Anda perlu menampilkan foto produk asli di berbagai media sosial yang digunakan, website, hingga marketplace Anda.

    Selain itu, Anda juga perlu menambahkan detail-detail penting yang biasa dicari oleh calon konsumen mulai dari harga, model, ukuran, warna, bahan, dan informasi lainnya. Sehingga, cara mempromosikan produk fashion Anda dengan menampilkan foto produk asli ditambah detail barang yang lengkap bisa membuat calon konsumen Anda semakin percaya dan bisa membeli produk Anda.
     
  6. Manfaatkan Influencer
    Terakhir, cara mempromosikan produk fashion dengan menggunakan digital marketing adalah dengan memanfaatkan influencer marketing. Strategi marketing ini digunakan dengan bekerjasama bersama influencer untuk meningkatkan calon-calon konsumen Anda sehingga bisa menaikkan brand awareness Anda. Selain itu, dengan menggunakan influencer marketing, Anda juga bisa meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap brand fashion Anda.

Itulah keenam cara mempromosikan produk fashion dengan menggunakan berbagai strategi digital marketing yang bisa Anda gunakan. Mulai dari social media marketing (SMM), email marketing, set-up marketplace, website development, photography, hingga KOL management, semua cara mempromosikan produk fashion yang Anda butuhkan tersebut bisa dilakukan dengan bekerjasama bersama Full Service Digital Marketing Agency, Peter&Co.. Yuk, tanya informasi lengkap semua service Peter&Co. di website kami di sini ya!