Kegiatan bisnis tidak akan lepas dari kata promosi. Sebuah bisnis juga tidak akan jauh berkembang apabila tanpa adanya kegiatan promosi yang baik. Bisa dibayangkan jika Anda memiliki bisnis yang memproduksi produk atau mempunyai layanan untuk masyarakat, tetapi masyarakat tidak mengenal bisnis yang Anda miliki. Tentunya hal tersebut dapat membuat bisnis Anda tidak akan bisa jauh berkembang. Suatu promosi memiliki fungsi promosi dan manfaatnya untuk bisnis Anda. Lalu, apa yang dimaksud dengan promosi? Promosi dapat diartikan sebagai salah satu cara yang digunakan para pelaku usaha untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya.

Promosi online merupakan salah satu cara atau strategi pemasaran produk yang paling efektif untuk dilakukan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi serta internet. Aktivitas promosi online mengenalkan produk atau jasa secara online dengan tujuan agar dalam proses promosi yang dilakukan bisa lebih efektif baik dari segi waktu, biaya dan tenaga. Berbagai aktivitas promosi juga bermanfaat dan memiliki fungsi promosi yang dapat memaksimalkan bisnis.

Upaya promosi yang dilakukan oleh pelaku usaha dapat mendorong angka penjualan serta pendapatan bisnis. Promosi memiliki arti yang besar kepada bisnis Anda. Tetapi, fungsi promosi bukan hanya sebatas itu saja. Setelah memahami pengertiannya, Anda perlu mengetahui fungsi promosi yang dimiliki oleh kegiatan bisnis, berikut ada 5 fungsi promosi online untuk memaksimalkan bisnis Anda:

  1. Fungsi Informing

    Pada fungsi informing, kegiatan promosi berfungsi untuk membuat konsumen sadar terhadap produk-produk yang baru atau biasa disebut dengan brand awareness. Fungsi promosi juga berperan untuk memberikan informasi berharga lainnya, berupa pengetahuan atau edukasi mengenai brand yang dipromosikan. Fungsi promosi informing juga dapat memberi tahu konsumen mengenai fitur dan manfaat dari produk atau layanan sekaligus memfasilitasi penciptaan brand image dari sebuah bisnis. Caranya dengan mengajarkan manfaat-manfaat baru dari merk yang telah ada. Kegiatan promosi juga harus disampaikan dengan cara yang menarik konsumen untuk menunjang fungsi promosi informing.
  2. Fungsi Persuading

    Fungsi yang ke 2, yaitu fungsi promosi persuading. Fungsi yang satu ini berkaitan dengan kemampuan media promosi atau iklan yang mampu memberikan persuasi atau membujuk pelanggan untuk mencoba suatu produk atau jasa yang ditawarkan. Suatu promosi yang efektif harus dapat membujuk calon konsumen. Ketika calon konsumen sudah ingin untuk mencoba produk atau layanan Anda maka fungsi promosi sudah berjalan dengan tepat.

  3. Fungsi Reminding

    Lalu, apakah fungsi promosi reminding? Fungsi yang satu ini dapat menjaga agar brand atau produk Anda tetap segar dalam ingatan para konsumen. Tanpa adanya promosi yang efektif, produk atau layanan tidak bisa bertahan lama di benak konsumen. Hal tersebut dapat membuat konsumen melupakan produk Anda, dan beralih dengan produk lainnya. Saat adanya kebutuhan dari konsumen, apabila Anda telah melakukan promosi online dengan tepat maka ingatan mengenai brand yang Anda miliki akan kemudian muncul Kembali di benak konsumen. Promosi di masa lalu dan masa sekarang yang Anda lakukan, berpengaruh besar terhadap fungsi promosi reminding. Bukan hanya itu, promosi yang Anda tampilkan juga dapat mengalihkan brand lain yang muncul di benak konsumen sehingga akan lebih cenderung memilih brand Anda.

  4. Fungsi Adding Value

    Setelah itu, fungsi yang ke 4 adalah fungsi adding value. Pada fungsi ini ada 3 cara mendasar suatu perusahaan dapat memberikan nilai tambah atas penawaran dan manfaat yang dimiliki yaitu inovasi, penyempurnaan kualitas, dan mengubah persepsi konsumen. Fungsi promosi adding value, bisa membuat merek Anda lebih dipandang oleh konsumen menjadi merek yang elegan, eksklusif, dan bergengsi. Dengan fungsi promosi adding value tentu saja merk Anda dapat dilihat lebih unggul daripada kompetitor lainnya.

  5. Fungsi Assisting

    Fungsi yang terakhir adalah fungsi promosi assisting atau yang bisa diartikan sebagai mendampingi upaya-upaya lain dari brand atau perusahaan. Fungsi assisting bertugas untuk melegitimasi apa yang dinyatakan dan diklaim oleh perwakilan perusahaan agar lebih kredibel dan dipercaya oleh konsumen. Promosi secara online dapat menjadi pendahuluan bagi para perwakilan perusahaan sebelum melakukan berbagai kontak personal kepada konsumen yang prospektif. Fungsi ini juga mempermudah bagian penjualan sehingga tidak perlu bersusah payah untuk menghabiskan waktu menjelaskan keunggulan maupun keistimewaan produk atau layanan yang sedang mereka jual.

Dari yang sudah diuraikan mengenai fungsi promosi di atas, mungkin Anda sudah bisa melihat seberapa pentingnya promosi untuk bisnis Anda. Lalu, apakah ada manfaat lain yang bisa didapatkan dari promosi online untuk memaksimalkan bisnis yang Anda miliki? Tentu saja ada. Kegiatan promosi bisnis mempunyai sejumlah keunggulan yang tidak perlu diragukan lagi. Berikut ini penjelasannya untuk Anda.

  1. Mempopulerkan brand

    Dengan menggunakan media promosi online, Anda akan dapat dengan lebih mudah untuk mempopulerkan brand. Ketika Anda melakukan promosi online, informasi mengenai brand dan perusahaan harus secara konsisten untuk dilakukan. Hal-hal seperti logo brand, branding items perusahaan juga dapat menunjang kepopuleran brand di mata calon konsumen. Semakin sering brand Anda tampil di depan konsumen, maka akan jauh lebih mudah konsumen untuk mengingat brand Anda. Dengan melakukan strategi promosi yang efektif, tentu saja fungsi promosi dan manfaatnya bisa dengan mudah didapatkan.
  2. Dapat menjamin loyalitas pelanggan

    Ketika berbicara tentang loyalitas pelanggan, pastikan produk atau brand yang Anda tawarkan berkualitas dan dapat menjawab semua kebutuhan konsumen. Lebih dari itu, fungsi promosi dan manfaatnya dalam melakukan kegiatan promosi online kepada pelanggan dapat meningkatkan peluang Anda untuk berada lebih diatas dari pesaing lainnya. Selain itu, salah satu cara lain untuk menawarkan produk yang dapat menjamin loyalitas pelanggan dari waktu ke waktu adalah dengan terus melakukan komunikasi yang efektif kepada pelanggan. Pelanggan akan senantiasa merasa dihargai oleh brand dan Kembali membeli produk.
  3. Membangun jembatan komunikasi antara bisnis dan pelanggan

    Manfaat promosi dan fungsi promosi yang efektif dapat membuat hubungan antara merek dan konsumen lebih bermakna. Pelanggan akan setia dan terikat, setelah itu akan dengan sukarela merujuk brand Anda kepada orang lainnya. Hal ini bisa didapatkan dengan menciptakan hubungan yang kuat dengan cara meluncurkan kegiatan-kegiatan promosi yang sesuai dengan kondisi bisnis dan situasi pasar. Kegiatan promosi dapat dimanfaatkan sebaik mungkin, komunikasi bisnis yang terbangun inilah yang dapat mempermudah Anda menjangkau pasar dan memperbesar margin keuntungan sesuai dengan target bisnis.

Itulah 5 fungsi promosi online untuk memaksimalkan bisnis. Jika Anda mencari partner yang berpengalaman di bidang promosi online, Peter&Co. siap untuk membangun kesuksesan dan memaksimalkan bisnis Anda. Untuk pilihan digital agency terpercaya yang mumpuni di bidang digital marketing, yuk mulai berkolaborasi dengan Peter&Co., Kami merupakan Digital Marketing Agency yang memberikan pelayanan terbaik untuk kebutuhan digital marketing Anda. Dengan kelebihan Full-Service Digital Marketing Agency yang dimiliki Peter&Co., keinginan Anda agar produk dan brand selalu growing dapat jadi lebih mudah. Untuk info lebih lanjut mengenai service digital marketing Peter&Co. Cek website kami di sini, ya!