Dalam mengelola sebuah bisnis, kegiatan promosi atau marketing memiliki peran yang sangat besar. Tanpa adanya promosi, bisnis kamu tidak bisa berjalan sesuai dengan apa yang kamu harapkan. Sebab promosi merupakan media untuk memperkenalkan produk ataupun jasa yang kamu tawarkan kepada calon pelanggan.

Kegiatan promosi yang dilakukan oleh bisnismu bisa mempengaruhi persepsi setiap pelanggan terhadap produk dan jasa yang kamu berikan. Ini tentunya bisa membuat mereka tertarik dan ingin melakukan pembelian. Pengemasan promosi ini dapat kamu lakukan dengan mengangkat permasalahan yang sering dihadapi oleh customer dan bagaimana produk atau jasa kamu dapat menjadi solusinya. Tentunya, jenis promosi ini perlu kamu rancang sesuai dengan target yang dituju. 

Seiring dengan berkembangnya teknologi, kegiatan promosi yang tadinya dilakukan secara offline seperti membagikan flyer, brosur, dan sebagainya, kini beralih ke ranah online. Dimana kamu bisa membangun branding melalui platform online. Salah satu contoh media promosi online yang banyak digunakan saat ini adalah sosial media.

Namun sebelum kita membahas tentang media promosi online melalui sosial media, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja keunggulan dari promosi online dibandingkan promosi secara offline.

  1. Harga lebih terjangkau
    Promosi dengan media online ternyata mengeluarkan biaya yang lebih murah dibandingkan dengan metode promosi lainnya namun bisa memberikan hasil yang efektif. Sebab kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar namun bisa menjangkau audience yang lebih luas dalam waktu yang relatif lebih cepat.
  2. Jangkauan lebih luas
    Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa media promosi online bisa menjangkau audience yang lebih luas karena tidak terbatas ruang dan waktu. Hal ini membuat bisnismu bisa dikenal oleh lebih banyak audience bahkan sampai skala luar negeri selama wilayah tersebut memiliki akses internet.
  3. Media lebih interaktif
    Kamu bisa melakukan komunikasi secara langsung dengan audience melalui konten yang disajikan, terutama melalui fitur komentar, pesan, review, serta posting sosial media yang dibuat oleh audience. Ini tentunya bisa menjadi sumber informasi yang bagus untuk brand kamu karena kamu bisa mengetahui preferensi dan apa yang dibutuhkan oleh audience.
  4. Lebih mudah diukur
    Kelebihan lain yang dimiliki oleh media promosi online adalah hasilnya lebih mudah diukur. Kalau kamu melakukan promosi dengan cara membagikan flyer, pasti kamu akan kesulitan untuk menghitung berapa banyak audience yang sudah melihat flyer tersebut kan? Sementara dengan promosi online, kamu bisa langsung mengetahuinya melalui analisis statistik yang tersedia di platform sosial media tersebut ataupun menggunakan aplikasi pendukung lainnya. Data ini bisa kamu manfaatkan untuk menentukan rencana promosi di waktu mendatang dengan lebih baik. 

Sebagai salah satu contoh media promosi online, pemanfaatan sosial media bisa membantu bisnismu untuk berkomunikasi atau berhubungan secara langsung dengan para audience untuk mencapai tujuan yang telah kamu tetapkan sebelumnya. Misalnya promosi dilakukan untuk membangun brand awareness, meningkatkan penjualan, ataupun menggiring audience untuk mengunjungi website yang kamu miliki.

Dilansir dari Hootsuite, sosial media menjadi platform yang direkomendasikan sebagai media interaksi yang baik antara brand dan audience. Sebab melalui interaksi ini, bisnismu bisa meningkatkan brand awareness, membangun loyalitas audience, serta mempengaruhi mereka untuk melakukan transaksi. Di samping itu, sebanyak 44% audience menyatakan bahwa mereka memakai sosial media untuk melihat sebuah brand. 

Ada banyak sekali contoh media promosi online yang bisa kamu gunakan. Seperti Facebook, Instagram, Twitter, TikTok, Linkedin, Youtube, Pinterest, dan sebagainya. Namun kamu tidak bisa sembarangan dalam memilih platform yang hendak digunakan. Karena pemilihan media ini perlu kamu sesuaikan dengan target audience yang dituju agar pesan yang disampaikan tepat sasaran.

Untuk mengetahui hal-hal apa saja yang perlu kamu persiapkan dalam melakukan promosi melalui sosial media, berikut telah kami rangkum 5 hal yang harus kamu pertimbangkan. Yuk simak ulasannya berikut ini! 

  1. Tentukan Objektif
    Tentukan apa tujuan kamu membuat promosi dan bagaimana sosial media bisa membantu mencapai tujuan tersebut. Ada beberapa tujuan yang bisa kamu tentukan sesuai dengan kebutuhan bisnismu, misalnya untuk membangun brand awareness, meningkatkan penjualan, dan sebagainya. Dengan menentukan objektif seperti ini, kamu bisa lebih fokus mengatur rencana promosi media online yang kamu jalankan, serta strategi yang dilakukan pun dapat berjalan dengan efektif. 
  2. Tentukan Platform dan Audience
    Selain tujuan, kamu juga perlu menentukan strategi seperti apa yang ingin kamu terapkan. Hal ini meliputi pemilihan platform, penentuan target audience, dan sebagainya. Kamu perlu menentukan platform mana yang banyak digunakan oleh audience. Sebab setiap platform memiliki karakteristik yang berbeda-beda. 
  3. Perencanaan Konten
    Sebagai salah satu contoh media promosi online, baik buruknya sosial media kamu akan dilihat dari konten-konten yang dibuat. Kamu bisa coba menciptakan konten sesuai dengan identitas brand sehingga brand image yang kamu miliki semakin melekat di benak audience. Selain itu, usahakan untuk membuat konten dengan komunikasi dua arah sehingga audience pun merasa terlibat dengan brand kamu. 
    Dalam pemilihan konten yang tepat, kamu juga perlu menentukan jenis konten seperti apa yang sekiranya bisa menarik perhatian audience dan bisa meningkatkan engagement. Apakah konten dalam format foto, video, simple motion, carousel, atau bagaimana? Hal ini bisa kamu coba dengan melakukan riset terlebih dahulu menggunakan A/B Testing agar kamu mengetahui jenis konten seperti apa yang lebih disukai oleh audiencemu.
  4. Jalankan Iklan
    Untuk dapat menjangkau audience lebih besar, tentunya kamu tidak bisa sebatas membuat konten di platform sosial media juga. Kamu perlu menjalankan ads untuk bisa memperkenalkan brand kamu di pasar yang lebih luas. Kamu bisa membuat ads dengan menentukan target sesuai dengan demografis, hal yang disukai (interest), perilaku (behaviors), dan masih banyak lagi. Jangan lupa juga untuk melakukan riset terlebih dahulu untuk format iklan yang sebaiknya kamu buat, apakah berbentuk foto, video, dan sebagainya. 
  5. Lakukan Analisis
    Setelah membuat perencanaan yang ingin kamu gunakan untuk promosi, jangan lupa untuk melakukan analisis agar kamu dapat memantau performa dari strategi sosial media yang telah kamu jalani. Lihat bagaimana sosial media kamu apakah sudah menjangkau audience yang tepat, bagaimana reaksi dari audience terhadap brand kamu, apakah hashtag yang digunakan sudah efektif, dan hal lainnya yang bisa kamu jadikan bahan evaluasi untuk strategi di bulan selanjutnya.

Itu dia 5 hal yang perlu kamu perhatikan saat ingin menggunakan media promosi online. Tentunya, pengaplikasian ini tidak bisa dilakukan secara cepat karena kamu perlu mempelajari dasar dari digital marketing terlebih dahulu untuk bisa mendapatkan hasil yang optimal.

Namun kamu tidak perlu khawatir, karena ada Peter&Co. Yang siap membantu! Kami bisa bantu kamu menjalankan media promosi online sesuai dengan bidang bisnis yang kamu jalani sehingga tujuan kamu bisa tercapai. Mulai dari pembuatan branding design, pengembangan website, perencanaan strategi komunikasi, hingga tahap eksekusi untuk mengelola akun sosial media kamu lebih baik.

Tunggu apa lagi? Yuk segera maksimalkan promosi kamu bersama Peter&Co.! Untuk mengetahui informasi lebih lengkap silahkan kunjungi website kami di sini, ya!