Anda ingin mengoptimalkan iklan Facebook Anda? Atau Anda sedang mencari cara yang lebih terjangkau untuk “berbicara” dengan target audience Anda melalui Facebook? Kami akan memberikan beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk mengoptimalkan iklan Facebook Anda.

 

Kumpulkan data demografis untuk menentukan target market Anda

Beberapa perusahaan berpikir bahwa target market mereka adalah sebuah group general, contohnya "karyawan kantoran". Karyawan kantoran mungkin akan membeli produk Anda, tapi Anda harus mempersempit target market Anda ke group yang lebih spesifik agar Anda bisa memasarkan produk Anda secara lebih efektif.

 

Jika Anda tidak mempersempit target market Anda, pesan yang akan Anda sampaikan akan terlalu general dan akan sulit untuk menarik perhatian orang. Contohnya, jika Anda menjual produk mini parfum dan target audience Anda adalah "semua jenis orang", hal yang Anda bisa lakukan hanya memberikan info mengenai wangi dan kandungan dari parfum tersebut. Mungkin mini parfum Anda akan terjual, tapi tidak banyak karena orang tidak memiliki motivasi lebih untuk membeli produk Anda.

 

Namun, jika Anda mempersempit target market Anda menjadi "karyawan wanita yang sibuk", Anda bisa memasarkan mini parfum dengan memberitahukan bahwa parfum ini praktis dan bisa dimasukkan ke dalam tas yang kecil sekalipun. Ini adalah beberapa tips untuk mempersempit target market Anda:

 

1. Mengetahui jenis kelamin dari target audience Anda sangatlah penting. Sudah tidak aneh jika brand Anda memiliki target market wanita, tapi target audiencenya pria. Jika Anda tidak tahu jenis kelamin dari target market Anda, Anda harus segera mencari tahunya.

 

2. Gunakan jasa untuk mendapatkan informasi demografis detail dari kontak email brand Anda. Contohnya Anda bisa mengirimkan file dari CRM Anda ke TowerData dan mereka akan menganalisis data berdasarkan dari demografisnya. Ini adalah cara yang baik untuk mengetahui lebih lanjut tentang customer Anda dan memperbaiki target iklan Facebook Anda.

 

3. Jika desain dari iklan Anda sudah bagus dan memenuhi syarat tapi Anda tidak mendapatkan hasil yang memuaskan, Anda harus melihat ulang setting demografis dari iklan Anda dan perhatikan, siapa tahu Anda melewatkan suatu detail yang penting.

 

Gunakan data demografis untuk mendesain iklan yang menarik perhatian target audience Anda

Saat menggunakan Facebook atau Instagram, pasti Anda akan scroll sangat cepat. Maka, Anda harus memiliki desain yang bagus untuk menarik perhatian dari pengguna Facebook dan Instagram.